...

Pemerhati Kebijakan Publik UI Peringatkan ASN Tetap Netral

KBRN, Jakarta: Pemerhati Kebijakan Publik dari Universitas Indonesia (UI) Sidik Pramono memperingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk netral di Pemilu. Sebab, berdasarkan catatan Badan Kepegawaian Negara (BKN), ada 47 laporan dugaan ASN tidak netral di Pemilu 2024.

Sidik menegaskan, netralitas ASN sudah di atur di dalam Undang-Undang 20 Tahun 2023. Dalam UU tersebut, ASN diwajibkan menjadi mesin utama birokrasi yang profesional, netral, dan bebas dari intervensi politik.

“Mereka (ASN) harus mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang berkualitas. Mereka harus menjadi pemeran penting dalam perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Sidik kepada Pro3 RRI, Kamis (8/2/2024).

Ia menekankan, ASN sebagai pelayan publik harus mau menghindari intervensi perebutan kekuasaan pada Pemilu. ASN harus komitmen menjaga netralitasnya pada pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kita menyesalkan setiap kali ada Pemilu, Pilkada, isu ini masih mengemuka,” ucapnya. “Artinya, nilai-nilai dasar ASN adalah penyelenggara utama, publik yang bebas intervensi politik justru tergelincir pada hal-hal seperti itu”.

Sidik pun meminta Kementerian PAN-RB, Kemendagri, KASN, dan Bawaslu memperkuat penanganan dugaan pelanggaran netralitas ASN. Caranya dengan mengimplementasikan aturan yang sudah ada dengan maksimal.

“Lembaga penanganan pelanggaran sudah disiapkan. Mau tidak mau harus mengimplementasikan itu,” ujarnya.



Sumber

About Badarcom

Check Also

Kota Bandung Optimistis Raih Predikat Kota Layak Anak

Tim a TP PKK Kota Bandung terus berjuang demi meraih predikat Bandung sebagai Kota Layak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock
Seraphinite AcceleratorOptimized by Seraphinite Accelerator
Turns on site high speed to be attractive for people and search engines.