Perjuangan Panitia Pemilu di Suriname, Tidur di Hutan

KBRN, Jakarta: Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Suriname dengan sistem kotak suara keliling (KSK) berlangsung sejak 4 Februari. Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) menargetkan KSK rampung pada 11 Februari 2024 atau bertepatan dengan pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS).

Pencoblosan dengan TPS di pusatkan di kantor Kedutaan Besar Indonesia Republik Indonesia (KBRI) di Paramaribo. Ketua PPLN Paramaribo As’ari Latif mengatakan, hanya ada dua metode pencoblosan, yakni KSK dan TPS sementara pos ditiadakan karena tidak efektif.

“Metode KSK merangkap tiga negara yakni Frans Guyana, Suriname dan Guyana. Frans Guyana kami tarik ke Suriname karena pemilih tidak banyak dan di Guyana 60 orang pemilih,” kata Ketua PPLN Paramaribo, As’ari Latif dalam perbincangan dengan Pro3 RRI, Rabu (7/2/2024) malam. 

Total Warga Negara Indonesia (WNI) di daftar pemilih tetap (DPT) adalah 648 orang. As’ari mengungkap perjuangan PPLN mendatangi pemilih dengan membawa kotak suara.

Panitia pemilu harus keluar masuk hutan dengan jarak tempuh perjalanan 9-10 jam untuk mendatangi WNI yang bekerja disektor pengolahan kayu. Bahkan panitia terpaksa harus menginap demi efisiensi waktu.

“Kita menginap di kamp TKI dengan menempuh perjalanan 8-10 jam. Daripada bolak balik tidak terkejar waktunya,” ungkap As’ari.

Panitia Pemilu di Suriname jemput bola mendatangi pemilih dengan keluar masuk hutan karena pekerja Indonesia bergerak disektor pengolahan kayu. (Foto: PPLN Paramaribo)

Tantangan berikutnya adalah melayani WNI yang berprofesi sebagai anak buah kapal (ABK). Panitia pemilu terpaksa harus menunggu ABK di pelabuhan untuk memastikan ABK asal Indonesia mempergunakan hak pilih sebagai warga yang demokratis. 

“Kita stand by setiap hari di kantor dan pelabuhan untuk memantau kedatangan ABK. Hari ini (Kemarin-red) kita ke Guayana jam 04 pagi, dengan menyeberangi laut dan kita menginap empat hari,” ujarnya. 

Suriname merupakan salah satu negara Amerika Selatan dan dulu dikenal dengan sebagai Guayan Belanda. Suriname dikenal karena rakyatnya  keturunan Jawa dan menikah dengan warga lokal.



Sumber

About Badarcom

Check Also

Kumpulan Ucapan Peringatan Isra Mikraj untuk Unggahan Medsos

KBRN, Jakarta: Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW diperingati setiap 27 Rajab, tepatnya diperingati hari ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
Best Wordpress Adblock Detecting Plugin | CHP Adblock