BKSDA Sumbar Tutup Jalur Pendakian Marapi

KBRN Padang: Balai Konsevasi Sumber Daya Alam BKSDA Sumatra Barat (Sumbar) menutup jalur pendakian Gunung Marapi, mulai Minggu (3/12/2023] sore. Ditutupnya jalur pendakian karena terjadinya erupsi di gunung paling aktif di Sumbar ini. 

Plh Kepala BKSDA Sumbar Dian Indriati menyebutkan, total ada sekitar 70 pendaki yang terdata yang sedang melakukan pendakian. Di mana 13 pendaki naik dari pintu Koto Baru dan 54 orang dari Batu Palano. 

BACA JUGA: Gunung Marapi Sumatra Barat Erupsi​

Sementara sudah turun yang dari Batu Palano dari Pekanbaru 10 orang berkelompok. Ditambah 3 orang yang juga dari Pekanbaru. 

Ia menyebut, saat ini pihaknya dan relawan masih melakukan proses evakuasi pendaki. “Semoga tidak ada korban jiwa dan dapat selamat semua,” ujar Dian.

BACA JUGA: Gunung Marapi Erupsi, Hujan Abu di Agam

Diah mengatakan, perkembangan terkini pada pukul 16.55 WIB pendaki naik dari Koto Baru sudah turun semuanya dengan jumlah 13 orang. Sedangkan dari Batu Palano yang turun baru terpantau berjumlah 15 orang. 

Ada 39 orang pendaki yang sedang dievakuasi. Pihak Balai KSDA Sumbar beserta masyarakat Nagari Batu Palano dan Koto Baru sedang berupaya menguhubungi para pendak.

BACA JUGA: Gunung Marapi Erupsi, Puluhan Pendaki akan Dievakuasi 

Sebelumnya diberitakan, Petugas Pos Pengamatan Gunung Marapi, Ahmad Rifandi mengatakan, erupsi tercatat pada pukul 14.53 WIB. Ketinggian kolom abu tidak teramati karena tertutup awan. 

Untuk radius erupsi masih di 3 kilometer. Status masih waspada dan masyarakat diharapkan tidak mendekati wilayah yang rawan terdampak erupsi.



Sumber

About Badarcom

Check Also

Kumpulan Ucapan Peringatan Isra Mikraj untuk Unggahan Medsos

KBRN, Jakarta: Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW diperingati setiap 27 Rajab, tepatnya diperingati hari ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Ads Blocker Detected!!!

We have detected that you are using extensions to block ads. Please support us by disabling these ads blocker.

Powered By
100% Free SEO Tools - Tool Kits PRO