KKN Mahasiswa STAI Salahudin Tingkatkan Literasi Digital di Madin

KKN Mahasiswa STAI Salahudin Tingkatkan Literasi Digital di Madin

sahifa-bloggersens

Mahasiswa memberikan edukasi pembelajaran kepada siswa-siswi Madin menggunakan inovasi video digital 

 

Jawapes, PASURUAN - Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Ilmu Islam (STAI) Salahuddin Pasuruan, yang beralamatkan di Jalan-raya Warungdowo area perkantoran PCNU Kota Pasuruan, menggelar literasi digital di Madrasah Diniyah yang berada di Desa Pager, Kecamatan Purwosari, Selasa (6/9/2022). 


Mahasiswa melakukan edukasi ke lembaga Madin Miftakhul Ulum dengan mencoba memanfaatkan dan memperkenalkan kepada para guru yang ada di madin tersebut, yaitu dengan inovasi pembelajaran melalui video berbentuk animasi. 


Abdur Rohim Kepala Madin Miftahul Ulum mengatakan, inovasi pembelajaran seperti ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Sebab metode pembelajarannya mampu menarik para siswa untuk menumbuhkan tingkat minat belajar siswa dalam hal apapun, termasuk bahasa arab.


Wafa salah satu siswa merasa senang dan tertarik dengan metode pembelajaran yang seperti ini. 


"Saya senang dan sangat tertarik dengan pembelajaran metode seperti ini, karena belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Yang terpenting manfaatnya banyak," ujarnya. 


Siti Pamrih Anjas Wulandari salah satu mahasiswa yang mengajarkan murid Madin menjelaskan, metode pembelajaran dengan menggunakan video animasi membuat para siswa menjadi tinggi minat untuk belajar. 


"Metode pembelajaran yang lama atau konvensional terkesan monoton sehingga para siswa terkesan jenuh dan malas untuk belajar, namun berbeda setelah teman-teman mahsiswa memperkenalkan pembelajaran digital dengan vidio animasi, para siswa menjadi lebih giat untuk belajar," ungkapnya. (Tsu)