Iklan

Bersama Cetak Juara Jadi Tema Haornas ke-39

HARI Olahraga Nasional (Haornas) akan kembali diperingati pada Jumat (9/9) besok. Perayaan Haornas yang ke-39 itu akan dilakukan terpusat di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur dan mengambil tema Bersama Cetak Juara.

Tema tersebut diusung selaras dengan semangat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), di mana ujung dari sebuah pembinaan adalah mencetak juara di pentas dunia, seperti Olimpiade atau kejuaraan dunia.

Guna mewujudkan hal itu dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Hal tersebut seperti diungkapkan Menteri Pemuda dan olahraga (Menpora) Zainudin Amali kepada awak media, Minggu (4/9).

“Tema peringatan Haornas yang ke-39 pada tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, semangatnya adalah kerjasama, kolaborasi, sinergi, sehingga tidak bisa sendiri-sendiri untuk mencetak juara,” ucap Zainudin. 

Pada DBON memang disebutkan, terdapat 17 Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi serta seluruh Kabupaten/Kota yakni 517, harus bersama-sama bergerak dalam mencetak atlet-atlet tangguh yang mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

Baca juga: Kesehatan Mental Adalah Fondasi untuk Masa Depan Anak

“Tema Haornas kali ini intinya implementasi dari DBON, disamping turut mensosialisasikan undang-undang baru yakni UU 11/2022 tentang Keolahragaan yang disahkan beberapa waktu lalu oleh DPR,” tutur Menpora. 

Berlangsungnya perayaan Haornas yang ke-39 di Stadion Batakan juga akan menjadi momen untuk memperkuat komitmen menyukseskan Ibu Kota Nusantara (IKN), sebagai barometer pemerintahan Indonesia yang baru kedepannya.

“Melalui sektor olahraga juga turut menguatkan komitmen nasional terhadap Ibu Kota yang baru yakni IKN, dimana wujud kongritnya adalah sebagai barometer pemerintahan, disitu pula kebijakan, kemudian implementasi DBON juga akan dikomandani dari Ibu Kota yang baru, bahkan bapak Presiden Joko Widodo pun telah memerintahkan untuk membuat sports canter di IKN,” pungkas Menpora.

Peringatan Haornas tahun 2022 ini akan terasa sangat berbeda dari edisi dua tahun sebelumnya yang hanya dilakukan di Jakarta dalam ruangan tertutup (indoor) dan diikuti oleh para stakeholder olahraga secara virtual lantaran pandemi covid-19.

Perayaan yang berlangsung di Stadion Batakan dengan konsep outdoor itu, dipastikan akan melibatkan puluhan ribu masyarakat setempat yang turut ambil bagian memeriahkannya. (R-3)




Sumber Berita

Article Top Ads

Central Ads Article 1

Middle Ads Article 2

Article Bottom Ads