Iklan

Antusias Pebisnis Vietnam untuk Memperluas Jejaring pada Trade Expo Indonesia 2022 Mendatang


Vietnam.Internationalmedia.id.- KJRI di Ho Chi Minh City  berkolaborasi dengan Pemda Kota Ho Chi Minh melalui Investment and Trade Promotion Center (ITPC) mengadakan kegiatan seminar “Promoting Trade Connection Indonesia – Viet Nam" yang dilakukan secara hybrid di Kota Paman Ho, Kamis (15/9/2022).

Seminar diikuti sekitar 150 pebisnis baik yang hadir ditempat (on-site) maupun virtual dari Vietnam dan Indonesia, kegiatan ini mempertunjukan produk-produk asal Indonesia dan Vietnam.

“Trade Expo Indonesia 2022 merupakan aktivitas bisnis internasional yang signifikan untuk memperluas jejaring kerja, termasuk antara pelaku usaha Viet Nam dan Indonesia di berbagai sektor", ungkap Konsul Jenderal RI di Ho Chi Minh City, Agustaviano Sofjan pada pembukaanya.

Tujuan dari kegiatan seminar dan juga pameran singkat produk dimaksudkan untuk terus menumbuhkan gairah usaha kedua negara sekaligus mensosialisasikan kegiatan Trade Expo Indonesia 2022 kepada para pelaku usaha asal Vietnam. 

Seminar menghadirkan pembicara dari Kementerian Perdagangan RI dan juga dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Menurut Konjen RI Agustaviano, kerja sama ekonomi Indonesia – Viet Nam terus bertumbuh, bahkan di tengah tantangan pandemi. Di tahun 2021, volume perdagangan bilateral kedua negara bahkan mencapai lebih dari 11 miliar USD, yang berarti telah melampaui target perdagangan 10 miliar USD untuk dicapai sebelum tahun 2023.

Perdagangan memang menjadi kunci penting dalam kerja sama kedua negara. Karena itulah kedua negara telah sepakat meningkatkan target baru nilai perdagangan bilateral sebesar 15 miliar USD hingga tahun 2028. 

Hal ini sebagaimana disepakati oleh Menlu RI, Retno Marsudi dan Menlu Vietnam, Bui Thanh Son pada Joint Committee on Bilateral Cooperation (JCBC) ke-4, pada Juli 2022.

Senada dengan Konjen Agustaviano, Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Produk Manufaktur, Kementerian Perdagangan Ni Made Ayu Marthini, yang hadir secara virtual menyampaikan bahwa perdagangan Indonesia – Viet Nam memang terus menunjukan sinyal positif di semester pertama 2022. 

Total perdagangan Indonesia – Viet Nam meningkat 17,3% senilai 7,55 miliar USD. “Indonesia – Viet Nam sangat berpotensi untuk terus mengembangkan kerja sama perdagangan, dan TEI 2022 akan menjadi salah satu major exhibition yang akan menyambut baik partisipasi buyers Vietnam", tandas Direktur Made.

Sementara itu, Deputi Direktur Investment and Trade Promotion Center (ITPC) HCMC, Mr. Tran Phu Lu menyampaikan bahwa HCMC menjadikan hubungan kerja sama ekonomi dengan Indonesia sebagai salah satu prioritas. 

Tidak hanya dari sisi perdagangan, potensi investasi kedua negara juga menjanjikan. Menurut Mr. Lu, hingga Agustus 2022, Indonesia memiliki total 56 proyek investasi di Kota Ho Chi Minh dengan modal sebesar 45 miliar USD. Khususnya pada tahun 2022, terdapat 2 proyek baru di Kota Ho Chi Minh dengan modal lebih dari 10 miliar USD.

Selain membahas potensi peningkatan kerja sama ekonomi perdagangan RI-Viet Nam, seminar ini juga mengupas tentang konsep halal beserta proses sertifikasinya. Sesi ini menghadirkan narasumber Koordinator Bidang Kerja Sama dan Standardisasi Halal, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, Ibu Fertiana Santy, serta perwakilan Halal Certification Agency Viet Nam, Ms. Nguyen Thi Ngoc Hang.

Meskipun produk dan pasar halal masih terbatas, namun Viet Nam dinilai memiliki potensi besar dalam mengembangkan industri halal agar lebih terhubung dan terintegrasi dengan lingkup ekonomi perdagangan yang lebih luas.

Di sela-sela seminar, para peserta juga dapat melihat langsung beberapa contoh produk Indonesia yang dipamerkan, seperti produk kopi, teh, kecap, saus, minuman jahe kemasan, biskuit dan makanan ringan lainnya.

Secara khusus, seminar ini memberikan informasi yang lebih rinci tentang penyelenggaraan, termasuk cara berpartisipasi pada TEI 2022 yang mengusung tema “Strengthening Global Trade for Stronger Recovery". Tema ini selaras dengan tema Presidensi Indonesia pada G20 tahun 2022 “Recover Together, Recover Stronger".

Pham Thai Hoang, Direktur Perusahaan rice paper Tan Nhien dari Provinsi Can Tho, Viet Nam Selatan, menjadi pelaku usaha asal Viet Nam yang beruntung mendapatkan door-prize tiket pesawat gratis untuk mengikuti Trade Expo Indonesia 2022 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, 19-23 Oktober 2022.

Selain memberikan hadiah tiket pesawat, Konjen RI juga membagikan hadiah lainnya kepada peserta seminar yang beruntung, berupa tas kerajinan tenun NTT, produksi UMKM Indonesia (Warnatasku), untuk semakin menarik minat para calon buyers Viet Nam terhadap produk Indonesia.(marpa)

Article Top Ads

Central Ads Article 1

Middle Ads Article 2

Article Bottom Ads