Iklan

Siapa saja Tokoh yang Punya Kemampuan Ambideksteritas?

Ilustrasi/sehatq.com
Ambideksteritas adalah kemampuan seseorang dalam menggunakan kedua tangan dengan sama-sama baik, tangan kanan maupun tangan kiri. Meski ambideksteritas lebih sering dikaitkan dengan kemampuan tangan, istilah ini sebenarnya juga bisa diterapkan untuk kemampuan yang sama pada kaki.

Tidak banyak orang yang memiliki kemampuan itu, meski juga tidak bisa dibilang sedikit. Yang paling terkenal tentu Leonardo da Vinci. Dia bisa menggunakan kedua tangannya dengan sama baik, misalnya saat menulis, bahkan tangan kanan dan kirinya bisa menulis dalam waktu bersamaan.

Selain Leonardo, ada pula seniman kontemporer, Gur Keren, yang bisa menggambar menggunakan kedua tangan dan kedua kakinya. Seniman lain, Michael Angelo, juga diketahui memiliki kemampuan tersebut.

Di bidang olahraga, atlet yang diketahui memiliki kemampuan ambideksteritas adalah Pete Rose dalam olahraga bisbol, hingga memiliki hits terbanyak dalam sejarah Major League Baseball.

Manny Pacquiao, dalam olahraga tinju, juga diketahui memiliki kemampuan ambideksteritas, hingga bisa menggunakan kedua tangannya dengan sama baik. 

Seperti yang disebut tadi, ambideksteritas tidak hanya terkait kemampuan dua tangan, tapi juga dua kaki. Di dunia sepakbola, ada atlet-atlet yang diketahui memiliki kemampuan ambideksteritas, hingga bisa menggunakan kedua kakinya dengan sama baik, di antaranya Leon Osman, Cristiano Ronaldo, Michael Laudrup, Francesco Totti, David Beckham, Andreas Brehme, Johan Cruyff, Paolo Maldini, Ronaldo, Diego Forlan, Gianluca Zambrotta, David Villa, Santi Cazorla, Pedro Rodriguez, Ben Yedder, dan beberapa atlet lain.

Sementara di dunia medis, dokter yang paling terkenal memiliki kemampuan ambideksteritas adalah John Lizars, yang dikenal sebagai dokter bedah sekaligus ahli anatomi. Saat menjalankan proses operasi pada pasien, dia bisa menggunakan kedua tangannya dengan sama baik. Ada pula dokter mata bernama Marco Abbodanza, yang juga dikenal memiliki kemampuan ambideksteritas.

Terakhir, ilmuwan Albert Einstein, dan mantan presiden AS, Harry Truman, juga diketahui memiliki kemampuan ambideksteritas.

Hmm... ada yang mau menambahkan?

Article Top Ads

Central Ads Article 1

Middle Ads Article 2

Article Bottom Ads