Jokowi Perkirakan 60 Negara Alami Kesulitan Ekonomi, Ada Indonesia?

Jokowi Perkirakan 60 Negara Alami Kesulitan Ekonomi, Ada Indonesia?

sahifa-bloggersens


Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, 60 negara diperkirakan akan mengalami kesulitan keuangan dan ekonomi. Negara-negara tersebut akan menjadi negara ‘gagal’ jika tidak segera mengatasi masalah ekonominya.

Jokowi mulanya menjelaskan, saat ini inflasi menjadi momok semua negara. Jokowi mengatakan, ada negara inflasinya di atas 70%. Bahkan, Amerika Serikat (AS) yang biasanya inflasi hanya 1%, kini menjadi 8,3%.

“Hati-hati juga ini yang menjadi momok semua negara sekarang ini adalah inflasi, jadi momok semua negara. Kita meskipun ada kenaikan sedikit tapi masih bisa kita jaga dan kendalikan,” kata Jokowi dalam acara HUT Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Jumat (10/6/2022).

“Coba dilihat sudah ada negara yang inflasinya sudah di atas 70%. Amerika yang biasanya hanya 1 persen sekarang sudah 8,3%,” sambungnya.

Menurutnya, hal itu merupakan masalah besar semua negara. Dia menyebut, diperkirakan 60 negara mengalami masalah keuangan dan ekonomi.

“Inilah problem besar semua negara. Diperkirakan ada 60 negara yang akan mengalami kesulitan keuangan maupun ekonomi dan diperkirakan mereka akan menjadi negara gagal kalau tidak bisa segera mengatasi ekonominya. Inilah yang perlu saya ingatkan kepada kita semuanya,” katanya.

Jokowi mengatakan, inflasi ini dipicu dua masalah besar yakni kenaikan harga energi dan pangan.

“Problem besarnya sekarang ini ada dua urusan ekonomi, yang pertama kenaikan energi, yang kedua kenaikan harga pangan, hati-hati dengan ini, yang itu semua akan memunculkan kenaikan inflasi tadi,” jelasnya.

Simak Video “Airlangga Optimistis Tren Pertumbuhan Perekonomian Lanjut di 2022
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)



Sumber Berita