Iklan

Nutrisi yang Lengkap Dapat Mencegah Penuaan Dini


Minggu, 29 Mei 2022 – 15:39 WIB

VIVA – Pemilihan nutrisi yang kurang tepat dapat mempercepat proses penuaan dini. Dan, nutrisi dengan kandungan tinggi protein serta ekstrak buah zaitun merupakan salah satu nutrisi tepat untuk membantu menjaga massa otot dan kesehatan jantung.

“Pemenuhan kebutuhan nutrisi itu penting, jangan sampai didiskon ya. Jadi kalau nutrisi lengkap juga bisa mencegah penuaan dini,” kata dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi, Sp.GK, saat konferensi pers daring, memperingati Hari Lansia Nasional, Minggu 29 Mei 2022. 

Ia menambahkan, nutrisi dengan kandungan tinggi protein serta ekstrak buah zaitun merupakan salah satu nutrisi tepat untuk membantu menjaga massa otot dan kesehatan jantung. Menurutnya, Hydroxytyrosol yang terkandung di dalam buah zaitun dapat membantu mencegah terbentuknya plak aterotrombotik akibat radikal bebas; yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung, ataupun gangguan pada pembuluh darah perifer juga menjaga kelancaran peredaran darah. 

“Tentunya dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan jantung dan pembuluh darah dari paparan radikal bebas. Di samping itu jangan lupa tetap perhatikan pola hidup sehat dan rajin berolahraga,” kata dokter Cindiawaty. 

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Badai Bhatara Tiksnadi, Sp.JP(K), MM, menambahkan, sangat penting untuk menyadari bahwa seiring dengan bertambahnya usia, maka fungsi tubuh juga mengalami penurunan termasuk organ jantung dan pembuluh darahnya. 

“Kunci agar terhindar dari penyakit jantung, adalah Perilaku Hidup Sehat (CERDIK)  yaitu : Cek kesehatan teratur, Enyahkan rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kendalikan Stress,” tutur dr. Badai.

dr. Antonius Andi Kurniawan, Sp.KO, dokter Spesialis Kedokteran Olahraga juga menambahkan hal lain yang perlu diperhatikan  agar tetap aktif dan fit saat bertambahnya usia adalah olahraga secara teratur. 



Sumber Berita

Article Top Ads

Central Ads Article 1

Middle Ads Article 2

Article Bottom Ads